Inilah 5 Pemain Tim Nasional Indonesia Senior yang Produktif Mencetak Gol

Beberapa tahun ini memang banyak pelatih tim nasional Indonesia mengeluh mendapati kesulitan mencari pencetak gol yang produktif. Selama ini kebanyakan pemain yang haus untuk mencetak gol masih didominasi oleh pemain asing. Sebut saja nama terkemuka seperti Cristian Gonzales, Biaz Solossa, dan lain-lain yang notabenenya merupakan pemain dari negara asing yang bergabung di timnas. Tentunya menjadi teguran dan pecut bagi pemain asli Indonesia untuk memiliki prestasi serupa.

timnas indonesia

Pemain yang berperan penting dalam mencetak gol adalah striker yang tentu perlu pemain yang tidak hanya berbakat melainkan ulet untuk terus berlatih. Mencetak striker atau penyerang handal tentu tidak mudah karena bukan kegiatan membeli mie import dari sebuah situs belanja online yang harganya lumayan mahal. Akan tetapi setelah menemukan pemain potensial masih perlu dididik dan dilatih dengan maksimal agar saat berlaga bisa rutin mencetak gol babak demi babak.

Pemain Senior yang Rajin Mencetak Gol

Dalam catatan sejarah timnas Indonesia, rupanya sudah terdapat beberapa pemain senior yang dikenal rajin mencetak gol selama menjadi striker. Siapa saja mereka? Ini dia beberapa diantaranya:

1. Soetjipto Soentoro

Pretasi Soetjipto Soentoro dimulai di usianya yang masih 16 tahun yang saat itu ikut memperkuat timnas berlaga ke Eropa dan Piala Yunior Asia di tahun 1959. Pada ajang Piala Yunior Asis tersebut, beliau berhasil mencetak 14 gol dengan kemenangan telak 14-0 melawan Taiwan, 13-1 melawan timnas Jepang. Meski hanya harus puas menjadi juara ketiga setelah dikalahkan oleh Burma (Myanmar).

2. Bambang Pamungkas

Menurut catatan prestasi seorang Bambang Pamungkas diketahui menjadi striker yang rutin memperkuat tim nasional Indonesia di berbagai ajang internasional. Prestasi tersebut bahkan tercatat dimulai sejak tahun 1998 hingga 2012 kemarin. Pemain dengan nomor punggung 20 ini bahkan dikenal sebagai pencetak gol terbanyak di musim 2000 yang mengantarkan Persija Jakarta masuk dan menjuarai Kasta Elite 2011. Saat ini Bambang tercatat sudah mencetak 36 gol di sekitar 77 laga.

3. Kurniawan Dwi Yulianto

Pemain lapangan hijau terbaik Indonesia juga dipegang oleh Kurniawan Dwi Yulianto yang sudah dikenal publik sejak mengikuti program Mercusuar PSSI tahun 1993-1994 di Italia. Saat tampil mempesona di dalam Timnas Primavera ia pun dikontrak oleh FC Luzern, Swedia untuk bergabung. Selain itu Kurniawan juga sempat dipinjam untuk memperkuat Klub Elite Serie A, Sampdoria, dan di Timnas Indonesia sendiri sukses mencetak 36 gol selama mengikuti 60 laga.

4. Rochy Putiray

Kalau berbicara mengenai pemain di timnas memang ada aneka rupa pembahasannya, dan terdapat pemain eksentrik bernama Rochy Putiray. Dikatakan eksentrik karena percaya diri berlaga di lapangan hijau dengan rambut gondrong lengkap dengan aneka warna yang mencolok. Meski eksentrik dan berbadan kurus ceking namun Rochy dikenal berani diajak duel dengan pemain belakang tim lain saat bertanding. Pemain ini tercatat mencetak 17 gol di 41 laga.

5. Budi Sudarsono

Di tahun 2000-an pemain timnas bernama Budi Sudarsono berhasil mencuri perhatian dengan kemampuannya yang sukses memanfaatkan celah sempit merebut bola dan mencetak gol. Lewat aksi gesit dan goceknya di lapangan hijau maka Budi kemudian diberi julukan Si Ular Pyton saking lihainya mencari celah diantara gencatan lawan mempertahankan gawang. Sepanjang berkarir di dalam tim nasional Indonesia Budi sering sekali mencetak gol penting, dan terhitung berhasil mencetak 16 gol di 46 laga.

Skip to toolbar