Hindari! Beginilah Modus Penipuan Mandiri E-Cash Via Olshop

Akhir-akhir ini kasus penipuan mandiri e-cash memang sedang marak terjadi. Modus penipuan memang bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja sehingga Anda harus terus waspada saat melakukan berbagai transaksi termasuk transaksi online. Perkembangan teknologi saat ini memang begitu banyak memberikan keuntungan dan kemudahan. Akan tetapi ternyata perkembangan teknologi juga memberikan kemudahan bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk terus melakukan modus kejahatan salah satunya adalah modus penipuan.

Perkembangan jaman memang membawa banyak perubahan pada masyarakat termasuk dalam melakukan transaksi. Bagi mereka yang mampu mempelajari perkembangan dengan baik dan menemukan celah untuk melakukan tindak kejahatan, maka pada akhirnya ia akan melakukan sebuah kejahatan salah satunya ialah dengan melakukan modus penipuan.

Modus penipuan menjadi satu tindak kejahatan yang begitu merugikan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk terus waspada dalam berbagai situasi dan kondisi. Salah satu yang saat ini sering kali terjadi dan tengah menjadi sorotan masyarakat yaitu modus penipuan pada layanan mandiri e-cash. Bahkan modus penipuan seperti ini banyak juga terjadi pada transaksi jual beli via online. Hal ini bahkan disampaikan pula dalam website resmi mandiri e-cash sebagai satu tindakan dan ajuran dari pihak resmi mandiri e-cash agar masyarakat terus meningkatkan kehati-hatian nya.

Maka agar anda lebih waspada dan lebih hati-hati dalam bertindak terutama bila anda sering sekali melakukan transaksi jual beli online, sangat disarankan agar anda memperhatikan berbagai informasi dan juga ulasan dari masyarakat yang pernah mengalami kasus penipuan serupa. Dengan begitu Anda akn menjadi lebih waspada dan bisa menghindari hal yang serupa. Biasanya kasus penipuan ini bisa saja terjadi baik pada pembeli maupun penjual.

Kali ini akan diinformasikan mengenai modus penipuan yang dilakukan oleh pembeli. Umumnya pembeli akan melakukan kontak dengan anda untuk menanyakan berbagai hal terkait dengan produk Anda. Akan tetapi ia hanya akan menanyakan secara umum dan tidak terlalu detail kemudian ia akan langsung menanyakan cara pembayaran dan juga kapan ia akan membayar.

 Setelah itu pembeli akan menginformasikan bahwa ia telah melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati bersama. Akan tetapi pada tahap ini, pembeli kemudian akan memberikan instruksi pada Anda untuk mengikuti langkah-langkahnya dalam melakukan penarikan uang melalui atm penerbit e-cash.

Maka bila Anda sudah pada tahap ini, Anda perlu untuk segera menyudahi transaksi tersebut. Yang paling penting disini ialah jangan sampai Anda menginformasikan data diri Anda kepada pembeli karena data diri yang Anda berikan umumnya akan digunakan untuk membobol atm Anda.

Cara lain yang juga cukup sering dilakukan ialah dimana pembeli akan mengirimkan foto bukti transfer yang dilakukan. Akan tetapi sangat penting bagi Anda untuk mencermati bukti transfer yang diberikan. Apalagi bila kemudian pembeli memberikan instruksi dan mengarahkan Anda untuk melakukan penarikan uang melalui atm dengan isntruksi yang Anda berikan.

Bila anda sudah sampai pada tahap ini maka sangat dianjurkan agar anda menghentikannya sebelum hal buruk terjadi. Modus penipuan juga bisa terjadi pada oknum yang mengaku sebagai penjual. Dimana bila anda menemukan penjual yang meminta pembayaran menggunakan alat gesek kartu secara langsung, sangat disarankan Anda untuk berhati-hati dan tidak mempercayainya.

Karena bisa jadi alat tersebut digunakan untuk menyadap informasi penting pada kartu Anda kemudian bisa digunakan dengan tidak baik. Perlu Anda ingat bahwa alat gesek kartu seperti itu hanya boleh dimiliki oleh perusahaan atau toko bukan perorangan.

Skip to toolbar