Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

Bayar listrik semakin hari semakin mudah berkat adanya fasilitas untuk cek tagihan listrik secara online. Dengan adanya fitur tersebut, para pelanggan PLN bisa langsung memantau besarnya tagihan listrik yang harus dibayar setiap bulan. Fitur ini tentu hanya berlaku untuk pengguna listrik pasca bayar, karena sistem listrik pra bayar menggunakan pulsa. Tarif listrik disesuaikan dengan daya yang diambil, baik itu 450 watt, 900 watt, 1300 watt, atau yang lebih tinggi.

Saat ini biaya listrik meningkat cukup drastis yang menyebabkan masyarakat cukup kesulitan. Kenaikan tarif listrik dirasakan oleh semua elemen masyarakat, kecuali masyarakat yang masih menggunakan listrik 450 watt karena harganya masih tetap. Tarif listrik yang naik harga mulai dari 900 watt ke atas. Menurut pengalaman saya pribadi, kenaikan tarif listrik tersebut membuat anggaran biaya untuk bayar listrik semakin tinggi, bahkan naik 100 persen.

Cek Tagihan Listrik Online

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kita harus hemat listrik. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar kita lebih hemat listrik. Salah satunya adalah dengan mematikan lampu apabila tidak digunakan. Mematikan alat-alat elektronik mulai dari TV, radio, mesin cuci, dan lain sebagainya bila sudah selesai dan tidak terpakai. Hal tersebut akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap biaya bulanan listrik yang harus dibayarkan.

Selain itu tidak ada salahnya jika kita menggunakan alat penghemat listrik. Saat ini banyak sekali produk alat penghemat listrik yang dijual di pasaran. Anda bisa membelinya secara offline di toko listrik atau komponen elektro, maupun secara online melalui situs marketplace seperti halnya Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Harga alat penghemat listrik cukup beragam, ada yang murah dan ada pula yang mahal. Untuk mengetahui apakah alat tersebut bekerja dengan baik atau tidak, tentu kita harus melakukan pemantauan. Kita bisa cek listrik secara online via website resmi PLN, atau bisa juga menggunakan aplikasi PLN untuk Android yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Dengan adanya kemudahan tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih puas dengan layanan PLN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar